
Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) SMA Negeri 1 Samigaluh Tahun 2023
Indek Kepuasan Masyarakat (IKM) adalah hasil pengukuran dari kegiatan Survey Kepuasan Masyarakat berupa angka dengan skala 1 sampai dengan 4. Manfaat yang kami peroleh dengan melaksanakan Survey Kepuasan Masyarakat antara lain mengetahui kelemahan atau kekurangan dari masing-masing unsur dalam penyelenggara pelayanan publik, mengetahui kinerja penyelenggara pelayanan yang telah dilaksanakan oleh unit pelayanan publik secara periodik, digunakan sebagai bahan penetapan kebijakan yang perlu diambil dan upaya tindak lanjut, mengetahui indeks kepuasan masyarakat secara menyeluruh terhadap hasil pelaksanaan pelayanan publik pada lingkup Pemerintah Pusat dan Daerah, memacu persaingan positif antar unit penyelenggara pelayanan pada lingkup Pemerintah Pusat dan Daerah dalam upaya peningkatan kinerja pelayanan, dan bagi masyarakat dapat diketahui gambaran tentang kinerja unit pelayanan.
Survei Kepuasan Masyarakat SMA Negeri 1 Samigaluh dilakukan dari tanggal 20 Maret sampai dengan 31 Agustus 2023. Metode survey dilakukan dengan mengisi kuisioner secara luring yang diserahkan kepada pengguna layanan setelah proses pelayanan selesai. Kuisioner bisa diakses juga secara daring dengan memindai QR-Code yang ada pada ruang pelayanan dan mading sekolah. Kuesioner terdiri atas 9 (sembilan) pertanyaan sesuai dengan jumlah unsur pengukuran kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diterima berdasarkan Peraturan Menteri PAN dan RB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. Kesembilan unsur tersebut adalah persyaratan; Sistem, mekanisme dan prosedur; Waktu penyelesaian; Biaya/tarif; Produk spesifikasi jenis pelayanan; Kompetensi pelaksana; Perilaku pelaksana; Sarana dan prasarana, serta Penanganan pengaduan, saran dan masukan.
Jumlah responden yang mengisi kuisioner sebanyak 73 (tujuh puluh tiga) responden. Sebesar 46,58% berjenis kelamin pria dan sisanya adalah wanita. Dari depalan layanan yang disediakan, paling banyak penggunanya adalah layanan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) sebesar 43,84%, kemudian layanan legalisasai salinan ijazah sebesar 38,36%, layanan informasi publik, mutasi peserta didik dan penelitian atau observasi pendidikan mendapatkan responden secara berturut-turut 9,59%, 6,85% dan 1,37%. Tiga layanan yang kami sediakan yang tidak ada penggunanya yaitu layanan PPL guru, pengaduan dan surat keterangan pengganti ijazah/STTB.
Tiga unsur pelayanan yang mendapatkan skala terbesar adalah unsur biaya/tarif mendapatkan indeks 4, unsur pengaduan berindeks 3,78 dan unsur kompetensi pelaksana serta perilaku pelaksana keduanya mendapatan indeks yang sama yaitu 3,51. Tiga unsur yang mendapatkan indeks terendah dengan nilai 3,28; 3,42; dan 3,45 yaitu unsur sarana dan prasarana; sistem, mekanisme dan prosedur; dan waktu pelayanan. Secara keseluruhan Indeks Kepuasan Masayarakat (IKM) Unit Layanan SMA Negeri 1 Samigaluh sebesar 87,815 berkategori B (Baik).
Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi para pengguna layanan dalam survei ini. Kami sangat mengapresiasi semua saran serta masukan dari responden untuk peningkatan kualitas pelayanan kami.
1 Komentar
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Kirab Budaya SMAN 1 Samigaluh Meriahkan HUT ke-270 DIY: Semangat Budaya di Lereng Menoreh
Samigaluh - Kamis Pon 20 Februari 2025, SMA Negeri 1 Samigaluh melaksanakan Kirab Budaya dalam rangka peringatan Ulang Tahun ke-270 Yogyakarta. Tema kegiatan ini adalah Yogyakarta Tumat
Selain Belajar, Doa Juga Penting: Kelas XII SMA N 1 Samigaluh Gelar Doa Bersama
Samigaluh, 10 Februari 2025 - Telah terlaksana Sosialisasi Program Sekolah Semester 2 T.A. 2024/2025 bersama Wali Murid Kelas XII. Acara dipimpin oleh Bapak Agung Pujiharjono, S.E.
Peringatan Isra Mikraj: Menggapai Ridha Allah SWT dengan Meningkatkan Akhlak Mulia
Samigaluh, 31 Januari 2025 - Setiap tahun, umat Islam di seluruh dunia memperingati Isra Mi'raj, peristiwa penting dalam sejarah Islam yang menandai perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Ma
Jumat Bersih: Langkah Kecil Menuju Sekolah yang Nyaman
Samigaluh, 31 Januari 2025 - Seluruh warga SMA Negeri 1 samigaluh dengan antusias melaksanakan kegiatan rutin Jum’at bersih sesuai program pemerintah "Maju Bersama Indonesia Hebat
Pisah Sambut Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Samigaluh
Samigaluh, 14 Januari 2025 - Setiap ada awal pasti ada akhir, begitu juga dengan pertemuan pasti ada perpisahan. Telah terlaksana acara Pisah Sambut Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Samigalu
Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Pada SMA Negeri 1 Samigaluh Tahun 2024
Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat
Pengumuman PPDB Tahun Pelajaran 2024/2025
Proses Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2024/2025 telah selesai. Berdasarkan pemantauan hasil seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru di laman http://ppdb.jogjaprov.go.id den
SMANSA BER "QURBAN"
Alhamdulillahirobbil'alamin....kami panjatkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kaya, pada hari Raya Idul Adha tahun 2024 ini SMANSA dapat kembali melanjutkan tradisi baik untuk berqurban.&
PENGUMUMAN KELULUSAN SISWA KELAS XII TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Hari ini, Senin tanggal 6 Mei 2024 telah dilaksanakan Pengumuman Kelulusan Siswa Kelas XII tahun Pelajaran 2023/2024 SMA Negeri 1 Samigaluh. Pengumuman ini dilakukan secara tatap muka d
Penerimaan Penghargaan Sekolah SPAB dari Pemda DIY Tahun 2024
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Samigaluh Sugeng, S.Pd, M.Pd, hari ini Kamis, 02 Mei 2024 bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional menerima penghargaan atas peran aktif dan komitmen dalam
SMANSA Jaya